Tips Perawatan Mesin Genset Silent

Mesin sebagai alat untuk memudahkan pekerjaan, sekarang ini menjadi peralatan yang selalu ada disetiap bidang pekerjaan manusia. Meskipun menjadi alat yang memudahkan pekerjaan, tidak menutup kemungkinan jika mesin juga dapat mengalami kerusakan. Selain usia yang sudah terlalu tua, kerja mesin yang terlalu berat juga dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin. Tidak terkecuali pada mesin genset silent terbaik, meskipun sudah dilengkapi dengan penutup pelindung di bagian luar mesin, namun kerusakan juga bisa saja terjadi. Perawatan yang baik menjadi kunci agar mesin tetap dapat beroperasi dengan maksinal. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatian dalam perawatan mesin genset.

  1. Pemeriksaan pada kabel dan sistem listrik

Kabel yang menjadi penghubung antar komponen mesin, wajib diperiksa secara teratur. Kabel yang rusak tentu akan mengganggu proses kerja mesin. Sistem listrik yang baik tentu akan membuat kerja mesin genset berjalan dengan baik pula.

  1. Pemeriksaan pada bahan bakar

Pastikan bahan bakar pada genset silent selalu terisi cukup. Tidak hanya itu, periksa pula komponen lain yang berhubungan langsung dengan sistem bahan bakar, seperti filter yang harus berada dalam keadaan baik. Selain itu periksa pula apakah terdapat kebocoran pada sistem bahan bakar atau tidak. Kebocoran dapat mengakibatkan konsleting listrik pada sistem pengoperasian.

  1. Pemeriksaan pada sistem pendingin

Komponen genset akan menjadi panas, setelah digunakan dalam waktu lama. Maka dari itu sistem pendingin menjadi penting agar suhu mesin genset tetap terjaga. Jika cairan pendingin dirasa kurang, segera tambahkan air serta bahan tambahan lainnya. Anda dapat melihat bahan tambahan apa saja yang diperlukan, di buku panduan yang anda miliki.

  1. Pemeriksaan pada sistem pembuangan

Saluran pembuangan pada mesin genset juga harus diperhatikan keadaannya. Jangan sampai terjadi kerusak yang mengakibatkan kebocoran dan pembuangan asap menjadi tidak sempurna. Beberapa komponen pembuanga yang harus dijaga seperti, muffler, gasket, pipa knalpot, manifold, dan lain sebagainya.

  1. Pemberian pelumas

Peberian pelumas pada mesin genset silent ini dimaksudkan supaya kualitas genset bertahan lebih lama. Pemberian pelumas ini juga harus dalam takaran yang cukup, agar kerja mesin tetap stabil dan optimal.

 

 

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *