7 Cara Merawat Genset Mini Honda

Banyaknya jenis genset bisa dijadikan pilihan oleh anda yang mana yang hendak dibeli dan sesuai dengan kebutuhan. Mengingat genset biasanya digunakan untuk mengalirkan daya listrik saat terjadi pemadaman atau listrik tidak bisa masuk ke suatu wilayah. Maka bagi sebagian orang genset dijadikan kebutuhan pokok dan sebagian juga menjadikannya sebagai pelengkap. Layaknya perabotan lainnya, Jual genset perlu dirawat. Apalagi jika genset sering digunakan, maka perawatan juga sangat diperlukan agar tetap bisa beroperasi dalam waktu yang lama. Dalam artikel ini hanya akan membahas mengenai cara merawat genset mini Honda saja, namun untuk perawatan genset lainpun tidak jauh berbeda. Berikut ini cara merawat genset mini Honda :


1. Genset selalu bersih. Cara merawat genset yang pertama adalah pastikan bahwa genset selalu dalam keadaan bersih. Karena ketika digunakan pasti ada saja cairan-cairan lain yang melekat, maka pastikan bersihkan terlebih dahulu setelah memakainya. Sehingga bisa digunakan dalam waktu lama.

2. Memanaskan genset secara rutin. Bagi yang sering menggunakan genset pasti selalu dipanaskan, berbeda jika genset sebagai pelengkap. Sebaiknya tetap lakukan pemanasan mesin genset setidaknya seminggu sekali. Hal ini dikarenakan dapat menurunkan kinerja mesin jika terlalu lama tidak digunakan.

3. Bahan bakar selalu ada. Cara merawat genset selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa bahan bakar selalu ada. Jangan sampai kosong, karena ketika digunakan lalu kehabisan bahan bakar dapat membuat mesin genset lebih cepat rusak.

4. Mengganti sparepart yang usang. Tidak ada barang yang akan awet selamanya, tanpa adanya perawatan. Nah salah satunya adalah dengan mengganti sparepart yang sudah pada usang. Sehingga tidak rusak sekaligus, dengan rajin mengganti sparepart yang kira-kira kinerjanya tidak se prima dahulu meminimalisir kerusakan secara total.

5. Simpan genset di tempat yang strategis. Dalam hal ini sebaiknya letakkan genset di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga ketika digunakan untuk waktu yang lama tidak cepat panas. Berguna juga bagi penggunanya, ketika sirkulasi udaranya baik, asap yang keluar juga bisa terbuang dengan baik.

6. Memeriksa oli mesin secara berkala. Hal ini juga penting agar mesin genset bisa tahan lama. Karena oli memiliki peran penting untuk genset, pastikan oli genset tidak berkurang dari jumlah normalnya. Anda bisa menggantinya jika oli sudah berkurang atau warnanya sudah keruh. Hal ini biasanya dilakukan setiap enam bulan sekali.

7. Meletakkan genset pada tempat yang aman. Hal ini juga perlu diperhatikan, pasalnya jika genset diletakkan disembarang tempat, ditakutkan akan terkena berbagai cairan lainnya. Jauhkan pula dari anak-anak. Karena asapnya juga bisa berpengaruh dan juga bunyi gensetnya bisa mengganggu. Namun jika bunyi gensetnya halus dan tidak terlalu berisik tidak apa-apa. Di tempatkan yang aman setidaknya jauh dari jangkauan anak dan tempat air. Karena dikhawatirkan bahan bakar genset tercampur dengan air.

Ketujuh poin tadi bisa anda terapkan pada genset anda. Sehingga genset anda bisa bertahan lama dan bisa digunakan kapan saja. Dan jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan pada kabel-kabelnya. Namun jika jenis genset mini Honda yang tidak terlalu banyak kabel akan sedikit memudahkan pemiliknya, maka take ran jika pemiliknya rata-rata adalah orang-orang rumah. Berbeda jika genset yang digunakan untuk mengaliri listrik untuk tempat yang lebih luas atau outdoor. Maka diperlukan peawatan yang ekstra.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>